4 TIPS KUAT PUASA RAMADHAN

Berhubung sekarang ini sudah mendekati bulan puasa, persisnya beberapa hari lagi. SHOFYAN 91 ingin bagi-bagi tips agar kuat menjalani puasa ramadhan. Terkadang kita tidak bisa menghindari bekerja seharian dan kehilangan banyak cairan tubuh sehingga terasa sangat haus dan bibir pun mulai pecah-pecah. Mental pun mulai goyah di kala raga sudah terasa kering kerontang tiada akhir. Berikut ini adalah beberapa tips untuk tetap kuat puasa sampai bedug maghrib tiba untuk berbuka puasa :

1. Berada di tempat sejuk dan adem
AC adalah sahabat yang paling baik di kala bulan ramadhan. Berada di ruang ac baik di rumah, kantor ataupun di mall dapat mengurangi rasa kering di sekujur tubuh. Beruntunglah bagi saudara kita yang berada di wilayah geografis dengan temperatur suhu dingin atau bersalju. Suhu yang rendah dapat mengurangi keluar atau penguapan cairan tubuh. Bagi yang berada diwilayah kering kerontang dan panas seperti saya, saya sarankan untuk perbanyak mandi tapi jangan sampai kentut dan menyelam minum air.

2. Think positive atau berfikir positif
Percayalah bahwa ibadah yang anda sedang jalankan akan memberikan sesuatu yang sangat tidak ternilai harganya yang lebih berharga dari nyawa anda. Contohnya seperti dengan puasa romadhon kita akan mendapat pahala yang sangat besar, dengan puasa kita akan disayang Allah swt, dengan puasa kita akan jadi kurus dan langsing(terutama cewek yang sedang diet), dengan puasa kita kita akan dapat mengontrol hawa nafsu seenak udel bodong kita, dan lain sebagainya. Yang penting membuat mental tambah kuat dalam menghadai segala bentuk kelaparan, kehausan, kagatelan, dan lain-lain.

3. Melupakan waktu dengan hobi
Pernahkan anda berpikir atau berkata bahwa suatu aktifitas dapat membuat anda lupa waktu? Cobalah ingat-ingat dan temukan apakah itu? Bila aktifitas itu tidak menebabkan puasa anda batal silahkan lakukan, mungkin dengan itu anda akan lupa waktu. Contoh dari dari aktifitas hoby yang mungkin bisa membuat anda lupa waktu adalah main ps, main komputer, ngeblog, main bola dsb. Tapi anda harus ingat...!!!! jangan keasyikan sampai lupa sholat, sia-sia aja puasa kalau gak sholat.....

4. Tidur Siang
Kalau anda tidak ada aktifitas siang hari selama bulan ramadhan, cobalah untuk tidur siang. Waktu yang diperlukan untuk tidur siang kadang-kadang mencapai beberapa jam sehingga dengan demikian akan mengurangi beban waktu puasa yang anda rasakan. Ingat...!!!!! jangan minum pil tidur sebab itu akan membatalkan puasa anda........

Sekian dulu tips kuat puasa ramadhan dari SHOFYAN 91, semoga bermamfaat...........

2 comments:

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR COY......!!!