10 SUNGAI TERPANJANG, TERLUAS, DAN TERBESAR DIDUNIA

Herman Shofyan

10 Sungai Terpanjang di Dunia 

Ini adalah daftar sepuluh sungai terpanjang dan terbesar didunia dimulai dari bawah.

10. Sungai Zaire

Zaire River 10 Longest Rivers In The World
Sungai Zaire juga disebut Sungai Kongo dan merupakan sungai terdalam di dunia. adalah kedalaman lebih dari 230 meter. Panjang sungai ini adalah 2716 mil dan mengalir melalui hutan tropis Kongo, kawasan hutan tropis kedua di dunia. Sungai Kongo discharge jumlah raksasa air di mulut dengan rata-rata 41.000 meter kubik per detik.

9. Irtysh Sungai

Irtysh river 10 Longest Rivers In The World
Namanya berarti Sungai Putih dan terletak di Siberia, Rusia. Ini adalah anak sungai utama Sungai Ob dan merupakan sungai terpanjang-pelabuhan di Siberia Barat. Kota-kota utama yang datang pada Irtysh dari perjalanan panjang dari sumber ke mulut adalah Fuyun (Cina), Burqin (Cina), Pavlodar (Kazakhstan) dan Tara (Rusia). Panjang sungai ini adalah 2758 mil.

8. Sungai Parana

Parana River 10 Longest Rivers In The World
Sungai ini adalah sebagai besar sebagai laut sebagai namanya. Parana merupakan singkatan dari kalimat "rehe para onava" yang mempunyai asal dalam bahasa Tupi dan berarti "seperti laut". Panjang estimasi jumlah sungai adalah 2795 mil. Hal ini menyatu dengan Sungai Paraguay dan kemudian dengan Sungai Uruguay untuk membentuk Rio de la Plata dan akhirnya bermuara di Samudera Atlantik.

7. Yenisei Sungai

Yenisei River 10 Longest Rivers In The World
Hal ini juga ditulis sebagai Yenisey dan merupakan pusat dari tiga Sungai Siberia besar yang mengalir ke Samudra Arktik. Kedalaman maksimal sungai ini adalah 24 meter dan kedalaman rata-rata adalah 14 meter. Industri primer Rusia mengandalkan sungai ini sebagai bendungan listrik tenaga air banyak dibangun di atas jalan. panjang diperkirakan adalah 2800 mil.

6. Huang Ho

Huang Ho yellow river  10 Longest Rivers In The World
Ini adalah sungai terbesar kedua di Cina dan keenam terbesar di dunia. panjang diperkirakan adalah sekitar 2900 mil. Sungai Huang Ho juga disebut Sungai Kuning dan mengalir melalui sembilan provinsi Cina dan mengalir ke Laut Bohai di akhir. Satu informasi menarik bagi mereka yang mengasihi mengetahui tentang asal-usul jika idiom yang berbeda dan itu adalah idiom "ketika sungai mengalir Kuning yang jelas" memiliki asal Cina dan digunakan ketika mengacu pada sesuatu yang tidak akan pernah terjadi. Misalnya, ketika sungai mengalir Kuning jelas, hanya maka kita akan berhenti membaca artikel di tiptopsten.com! - Saya kira sekarang Anda tidak akan pernah melupakan penggunaan idiom ini.

5. Sungai Ob

Ob River 10 Longest Rivers In The World
Ini juga disebut Obi dan merupakan salah satu sungai utama di Siberia Barat. Ini peringkat di antara sungai terpanjang keempat Rusia. Panjang diperkirakan Sungai Ob 3459 mil. Sungai Ob hampir 50 spesies ikan yang berbeda dan digunakan terutama untuk irigasi, energi listrik tenaga air dan air minum.

4. Chang Jiang

Chang Jiang River 10 Longest Rivers In The World
Sungai ini juga disebut The Yangtze, dan sungai terpanjang di Asia. Ini adalah penting utama untuk Cina karena menguras lahan seperlima China dan cekungan sungai adalah rumah bagi sepertiga dari orang Cina. Ini adalah garis pemisah antara Utara dan Cina Selatan dan dua daerah menggambarkan budaya yang berbeda. Chang Jian memberikan kontribusi 20% dari PDB Cina secara keseluruhan.

3. Mississippi-Missouri-Red Rock

Mississippi Missouri Red Rock 10 Longest Rivers In The World
Sistem sungai dimulai di Montana dan diakhiri Sungai Red Rocks , dan kemudian dengan cepat berubah menjadi Sungai Jefferson yang kemudian bergabung dengan Madison dan Gallatin Sungai yang membentuk sungai Missouri. Setelah mencapai Missouri State, sungai bergabung dengan sungai Mississippi. Sistem sungai melayani tujuan industri transportasi Amerika Serikat dan rekreasi. Panjang rata-rata adalah 3710 mil.

2. Amazon

Amazon River 10 Longest Rivers In The World
Sungai Amerika Selatan ini adalah sungai terbesar kedua di dunia dan menyumbang sekitar seperlima dari total sungai di dunia. Karena dimensi raksasa tersebut, kadang-kadang disebut Laut Sungai. Panjangnya sekitar 3.912 mil. Lebih dari sepertiga dari semua spesies di dunia hidup di Sungai Amazon.

1. Nil

The River Nile 10 Longest Rivers In The World
Tak diragukan lagi, merupakan sungai terpanjang di dunia dan memiliki dua anak sungai utama yaitu Nil Putih dan Nil Biru. Nil Biru adalah sumber dari banyak air serta membawa banyak kesuburan ke sungai Nil. Nil bermuara ke sebuah delta besar yang akhirnya bermuara di Laut Mediterania. Panjangnya kira-kira adalah 4180 mil.

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR COY......!!!