10 LANGKAH MUDAH UNTUK MENINGKATKAN DAYA TAHAN BATERI LAPTOP DAN NOTEBOOK

Herman Shofyan

tips to improve battery life

1. Jaga daya AC ON

Gunakan hanya daya AC (pengecas laptop) dan Lepas bateri saat menggunakannya dirumah, sebab dengan mengisi bateri laptop sambil digunakan akan mempermudah kerusakan bateri.


2. Buat laptop anda selalu dingin

Jaga ventilasi kipas CPU. Jika ventilasi yang berada di bawah tubuh laptop 'maka pastikan Anda menempatkannya di atas permukaan yang dingin. Ini menjaga aliran udara di bawah tubuh yang membantu dalam mendinginkan panas dari ventilasi. Ingat sistem yang panas akan memaksa kipas angin untuk memutar lebih cepat yang akan membutuhkan daya baterai lebih.

3. Kontrol CPU Speed

Anda dapat mengontrol atau meminimalkan kecepatan CPU jika Anda laptop berjalan pada baterai.
Untuk melakukan ini:
Buka Control Panel> Power Options dan Pilih "Balanced" atau "Power Saver" profil untuk menjaga CPU dengan kecepatan minimum.
power options in windows 7
Ini adalah yang terbaik jika Anda bekerja pada aplikasi tunggal seperti MS Office atau hanya mengetik atau menonton film. Anda dapat membuat profil kustom untuk pengaturan daya dengan mengklik "Pengaturan mengubah rencana" di samping rencana daya preset.

4. Tambahkan RAM Lebih

Rendahnya jumlah RAM memaksa CPU untuk membuat virtual memory dalam hard drive. Mengakses file dari hard drive membutuhkan daya baterai lebih banyak. RAM tidak hanya lebih cepat medium mentransfer data ke CPU, tetapi juga lebih ringan sumber daya listrik dan mengkonsumsi daya baterai jauh lebih sedikit.

5. Gunakan Hibernation Mode

Hibernation mode ini sangat berguna untuk menjaga daya tahan bateri laptop anda sekaligus juga umur bateri anda.

6. Kecerahan Layar rendah

Layar LCD dan harddisk adalah dua perangkat yang paling memakan daya pada notebook. Mematikan layar menghemat banyak daya baterai saat Anda sedang pergi untuk sementara waktu. Demikian peredupan juga menghemat baik jumlah pengisian daya baterai. Selalu ada jalan pintas / fungsi tombol yang diberikan pada semua laptop untuk mengendalikan secara langsung kecerahan layar.

7. Matikan Hardware yang tidak digunakan internal

Selain hard drive ada perangkat keras lain internal yang mengkonsumsi jumlah power yang lumayan banyak. Wifi dan bluetooth contohnya, jika tidak digunakan langsung saja matikan. Wifi dan Bluetooth terus menggunakan power batere untuk mencara sumberlain dari jenis mereka.

8. Steker Perangkat Eksternal

perangkat USB, seperti flash drive, keyboard mouse eksternal dan sebagainya adalah sumber eksternal terbesar yang mengalir keluar pengisian. Jika Anda tidak membutuhkannya saat menjalankan pada baterai, cabut colokannya dari laptop atau notebook anda.

9. Matikan Tugas Terjadwal

Sebagian besar program yang ditetapkan di eksekusi otomatis ketika sistem idle. Ketika menginstal aplikasi beberapa dari mereka mengatur diri mereka sendiri untuk kegiatan otomatis untuk pemeriksaan contohnya pembaruan online(update). Hati-hati memeriksa semua jenis aplikasi dari Task Scheduler dan mematikannya ketika Anda ingin mencegah mereka dari menjalankan sedangkan sistem adalah baterai bertenaga.

10. Tutup Fasilitas Program

Ini adalah salah satu yang paling jelas. Aplikasi berjalan di latar belakang meningkatkan penggunaan CPU. Semakin CPU berjalan lebih baterai akan diambil. Periksa taskbar untuk melihat aplikasi yang berjalan dan tutup semua mereka yang tidak diperlukan. Cobalah untuk tidak melakukan kegiatan daya-intensif sementara di baterai. Hindari multi-tasking dan bermain game berat.

10 tips di atas Anda dapat dengan mudah dapat memperpanjang dan meningkatkan umur baterai notebook Anda. Anda pasti akan melihat peningkatan yang sangat besar dalam stand by saat laptop Anda jika Anda melakukan semua ini.

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR COY......!!!