10 DINASTI YANG PALING LAMA BERKUASA SEPANJANG SEJARAH

Herman Shofyan
dinasti adalah deretan penguasa dalam satu baris keturunan keluarga yang mengatur negara yang sama. Banyak negara di seluruh dunia diperintah oleh dinasti atau monarki selama ratusan bahkan ribuan tahun. Saat ini, masih ada beberapa negara atau kerajaan yang diperintah oleh monarki. 

1. Dinasti Dulo (2137 SM - 753 AD)
Dinasti yang memerintah terpanjang dalam sejarah adalah Clan Dulo atau Dinasti Dulo Bulgaria. Dinasti ini memerintah selama 2.890 tahun. Klan Dulo atau Dinasti Dulo adalah nama dinasti yang berkuasa di Bulgaria.  
 
2. Imperial House of Japan (660 SM sampai sekarang)
Rumah Kekaisaran Jepang adalah dinasti terlama yang memerintah di dunia sampai sekarang. Ini juga disebut sebagai Keluarga Kekaisaran dan telah terus memerintah selama 2.669 tahun, kadang juga dikenal sebagai Dinasti Yamato atau Tahta Krisan. Di bawah Konstitusi Jepang sekarang, kaisar adalah lambang negara dan persatuan rakyat. Meskipun ia tidak secara teknis sebagai kepala negara dan tidak memiliki peran dalam urusan pemerintahan, tapi keberadaan kaisar tetap sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat jepang. Monarki Ini adalah monarki tertua turun-temurun dan terus-menerus di dunia dan masih ada sampai sekarang. Kekuasaan monarki di jepang telah turun-temurun dengan 125 kaisar dari keluarga yang sama.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
3. Dinasti Hong Bang (2897 SM - 258 SM)
 


Dinasti Hong Bang Vietnam telah memerintah selama 2.639 tahun dari 2897 sampai 258 SM. Dinasti ini disebut juga Dinasti Lạc. Pendiri dinasti ini adalah Hung Vuong. Ada banyak legenda tentang dinasti ini, tapi refrensi sejarah yang dapat dipercaya sangat sedikit.
 
4. Dinasti Gojoseon  (2333 SM - 108 SM)
Menurut legenda, dinasti Gojoseon memerintah selama 2.225 tahun. Gojoseon adalah kerajaan kuno di Korea dan dianggap sebagai bangsa pertama yang menjadi cikal bakal mayoritas penduduk korea. Menurut beberapa catatan era abad pertengahan-Korea, Gojoseon dikatakan telah didirikan pada tahun 2333 SM oleh Dangun The Legend. Bukti arkeologis dari Gojoseon ditemukan dalam transisi dari gerabah Jeilmun ke gerabah Mumun sekitar 1500 SM, ketika kelompok petani-petani skala kecil semi-menetap menempati sebagian besar semenanjung Korea. perunggu produksi lokal dimulai sekitar abad ke 8 SM.

5. Dinasti Champa (192-1832)
Dinasti lain dari Vietnam yang lama berkuasa adalah Dinasti Champa.Dinasti ini menguasai Vietnam selama  1.740 tahun. Nama kerajaan Champa yang merupakan kerajaan yang berasal dari Sumatera Indonesia, Bahasa dari kerajaan ini merupakan cikal bakal bahasa melayu
 
6. Belle Dinasti atau Balliol Dinasti (960-sampaisekarang)
Ini adalah dinasti dengan masa berkuasa terpanjang keenam, namun jika dilihat dari waktu berkuasanya, dinasti ini menduduki peringkat kedua sebagai dinasti yang terlama dan masih berkuasa sampai sekarang.
 
7. Bagratid Dinasti (813-1810)
Dinasti ini telah memerintah Georgia selama 997 tahun. Dinastil ini juga disebut Dinasti Bagrationi. kekuasaan mereka berlangsung dari awal Abad Pertengahan hingga awal abad 19. Dalam penggunaan modern, garis kerajaan ini sering disebut sebagai Georgia Bagratids, bentuk Helenis dari nama dinasti mereka.
Asal usul dinasti Bagrationi diperselisihkan, serta saat mereka pertama kali muncul di tanah Georgia. menulis sejarah tradisional Georgia kronologi Bagrationi dimulai pada abad ke-6 dan berhubungan keluarga untuk dinasti sebelumnya.
 
8. Dinasti Shilla (57 SM-935)
Dinasti Shilla memerintah selama 992 tahun. Shilla adalah salah satu dari Tiga Kerajaan di semenanjung Korea sekarang, dan dinasti berumur terpanjang dalam sejarah Asia. Ini didirikan oleh Raja Park Hyeokgeose dan dianggap pencetus nama keluarga Park Korea; dinasti ini adalah untuk melihat Kyungju Kim klan aturan berlaku untuk sebagian besar sejarahnya 992 tahun. Apa yang dimulai sebagai chiefdom dalam konfederasi Samhan, setelah bersekutu dengan China, Shilla akhirnya menaklukkan dua kerajaan lainnya, Baekje pada tahun 660 dan Goguryeo pada tahun 668. Setelah itu, Unified Shilla atau Kemudian Shilla, seperti yang sering disebut, menempati sebagian besar semenanjung Korea, sedangkan bagian utara-ulang muncul sebagai Balhae, pengganti-negara Goguryeo. Setelah hampir 1000 tahun pemerintahan, Shilla terpecah menjadi singkat Kemudian Tiga Kerajaan, menyerahkan kekuasaan kepada para penerus dinasti Goryeo di 935.
 
9. Tu'i Tonga Dinasti (900-1865)
Dinasti ini di Tonga memerintah selama lebih dari 900 tahun. Ini adalah garis raja Tonga, yang berasal dari abad ke-10 dengan mitos eitu Aho '; menarik diri dari kekuasaan politik di abad 15 dengan menghasilkan ke atakalaua Ha Tu'i, dan mati dengan Laufilitonga pada tahun 1865. keturunan Hari ini masih hidup tercantum dalam garis terutama dari Kalaniuvalu. Tradisi nama 39 pemegang judul, tetapi ada alternatif daftar dengan 48 nama. Hal ini memerintah selama 965 tahun semua dalam semua.
 
10. Dinasti Zhou (1046 BCE -256 SM)
Dinasti Zhou Cina telah memerintah selama 790 tahun dari 1046 SM hingga 256 SM. Dinasti Zhou didahului oleh Dinasti Shang dan diikuti oleh Dinasti Qin. Dinasti Zhou berlangsung lebih lama daripada dinasti lainnya dalam sejarah Cina. Selama Zhou, penggunaan besi diperkenalkan ke Cina, sementara ini periode sejarah Cina diproduksi apa yang banyak mempertimbangkan puncak pembuatan perunggu-ware Cina. Tiga dari filsuf terbesar Cina, Konfusius, Laozi dan Mencius, yang membuat dampak terbesar pada generasi kemudian dari Cina, hidup selama periode ini.
 

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR COY......!!!