Gendang Beleq

Herman Shofyan

GENDANG BELEQ LOMBOK

Gendang Beleq adalah suatu grup musik tradisional yang beranggotakan 15-20 orang. Alat musik dalam Gendang Beleq di pimpin oleh 2-4 gendang besar sehingga dinamakan Gendang Beleq. Sementara Alat musik tradisional lain yang mengirinya antara lain, Cemprang, Gong, Suling, Kemong(gong kecing), dan Rerencek. Diantara alat musik pengiring gendang beleq, yang paling dominan adalah Cemprang. Cemprang merupakan alat musik berbentung piring yang terbuat dari kuningan, sehingga satu unit alat musik cemparng terdiri dari dua buah piringan kuningan yang dimainkan dengan mempertemukan piringan tersebut secara keras.
Gendang beleq biasa digunakan dalam Upaca-upara adat seperti Acara pernikahan, Upacara adat, Khitanan, Pencucian benda Pusaka dll. Seiring dengan perkembangan zaman, Gendang Beleq mulai berkurang eksistensinya. Jenis musik lain seperti Cilokaq Tradisional mulai mengalahkan popularitasnya.Itu disebabkan karena alt-alat musik Gendang Beleq mempunyai harga yang relatif tinggi, Irama gendang beleq dari masa ke masa selalu sama, dan jumlah anggota yang terlalu banyak menyebabkan sulitnya koordinasi.


Agar Gendang Beleq ini tidak punah, mohon kiranya kepedulian sesama suku sasak agar mengutamakan Gendang Beleq sebagai penghibur dalam acara-acara yang akan di selenggarakan.

Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR COY......!!!